Subhan Novianda, Direktur IS&S dan Transportasi PT Ceva Indonesia: Jadikan TI sebagai Transformer Bisnis Ceva

Subhan Novianda Ceva Indonesia Subhan Novianda, Direktur IS&S dan Transportasi PT Ceva Indonesia: Jadikan TI sebagai Transformer Bisnis Ceva“Saya pikir TI bukan cuma supporting team dan enabler, tetapi sudah sebagai transformer,” ujar Subhan Novianda, Direktur IS&S dan Transportasi PT Ceva Indonesia, dalam acara penjurian Best CIO yang digelar SWA beberapa waktu lalu di Hotel Shangri-La. ”Di Ceva, TI adalah bagian dari transformer,” ia menambahkan dengan yakin.

Dalam visi Subhan, TI harus mampu mentransformasi bisnis, bukan sekadar urusan IT alignment. Ini yang dilakukannya di Ceva. Karena itu, ia mengklaim, Ceva yang tadinya hanya perusahaan logistik tradisional kini menjadi sophisticated, intelligent, dan mampu memberikan solusi end-to-end ke pelanggan. “Ceva tidak akan seperti sekarang, tanpa solusi TI yang kuat. Kami bisa dengan cepat mendapat customer, berintegrasi dengan mereka, dan memudahkan bisnis mereka,” katanya tandas.

Dijelaskan pria kelahiran Jakarta 46 tahun lalu itu, ketika persaingan di bisnis logistik semakin ketat, agar bisa bertahan dan memenangi persaingan, Ceva harus menata diri dan memiliki diferensiasi. Untuk itu, Ceva yang semula hanya memiliki dua unit bisnis: freight management (jasa ekspor-impor) dan contract logistic (transportasi dan logistik), kemudian mengembangkan bisnis baru: Ceva Ground. Bisnis baru ini, menurut Subhan, merupakan domestic transportation in new way.

Nah, untuk mengembangkan bisnis baru ini, menurut Subhan, sistem TI bisa mendukungnya, dan menjadi transformer bisnis. Dukungan TI untuk diferensiasi ini yakni dengan menjadikan sistemnya fleksibel, cost effective, dan punya kompetensi inti dalam hal collaboration supply chain. “Kami bisa mengelola transportasi orang lain, seperti truk milik orang lain. Dari situ kami mendapat fee, berdasarkan shipment atau delivery yang terjadi,” Subhan menjelaskan. “Semua itu didukung TI, dan tanpa itu tidak akan bisa,” ujar bapak seorang putri yang gemar berenang dan kuliner ini.

Untuk itu, melalui TI ia merancang sistem yang mampu menghadirkan operational excellence, customer intimacy, dan juga kuat dalam hal product leadership-nya. Dalam bahasa Subhan, sebenarnya ia mendorong TI di Ceva sebagai information service.

Ceva membagi pasar menjadi pasar enterprise dan UKM, juga pasar global dan lokal, yang dikelola secara rapi menggunakan core system yang disebut WMS & TMS Solution (control tower and TMS architecture). Sistem itu bersifat Web-based yang dapat diakses pelanggan. Ceva tidak lagi menggunakan sistem sederhana, karena setiap titik selalu dipantau dengan sangat modern, dengan global matrix TMS, sehingga pengiriman barang secara global bisa dipantau. Control tower-nya berada di Indonesia dan Singapura. “Transporter bisa tahu apakah dia mencapai on time delivery, dan customer bisa lihat sudah di mana barang yang dia kirim, dan sebagainya,” papar Subhan dengan bangga.

Hasilnya? Melalui inisiatif bisnis dan dukungan TI yang dikembangkan, dalam dua tahun terakhir bisnis Ceva tumbuh 30% per tahun. “Saya gembira karena solusi TI yang kami buat bisa menjadi competitive advantage dan differentiator bagi Ceva. Bahkan, membantu transformasi bisnis yang men-trigger Ceva membuat sebuah unit bisnis baru,” ucap Subhan semringah.

Ia juga punya visi cukup hebat. “Saya ingin CEVA tidak hanya sebagai business player, tetapi berkembang menjadi sebuah business platform yang menggerakkan industri logistik di Indonesia.”

Subhan mulai bergabung dengan Ceva pada 2005 sebagai Manajer TI Country, merangkap Manajer Pemasaran. Lalu, ia dipromosikan menjadi Direktur TI. Sekarang, ia digadang-gadang menjadi Direktur Pengelola Ceva. Sebelumnya, lulusan Jurusan Teknik Elektro ISTN ini pernah berkarier di Microsoft, dengan jabatan terakhir senior architect untuk solusi korporat dan di SAP dengan jabatan terakhir Manajer Platform Strategic.

“Di Ceva, saya membantu mengemas solusinya agar perusahaan ini bisa jualan lebih bagus,” kata Subhan. “Ke depannya, Saya ingin bisa lebih banyak sharing dan memberikan coaching kepada para IT manager dan CIO wannabe. Karena, dulu dan sampai sekarang susah sekali mencari guidance tentang IT management yang menyeluruh, praktis dan tepat,” katanya lagi.

by a. mohammad bs & herning Banirestu

 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

ERROR: si-captcha.php plugin says GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them why GD image support is not enabled for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin says imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them why imagepng function is not enabled for PHP.